• Login
  • Headline
  • Indeks

Wow.....Negeri Jujungan Memiliki Fenomena Indah Sebagai Seni Budaya Yang Dibanggakan Masyarakat

groupsetyanews author photo

BORGOLNEWS.COM - BENGKALIS - Satu hal yang membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis adalah kayanya dengan seni budaya yang masih dilestarikan di negeri junjungan ini, namum sangat disayangkan ada seni budaya yang telah memudar oleh perkembangan dunia teknologi dan modernisasi saat ini. Berbagai upaya dilakukan untuk membangkit kembali seni budaya yang semakin meredup di Kabupaten tersebut agar budaya ini tetap bertahan di Kabupaten Bngkalis Riau, Jumat malam (31/05/19).

Salah satu seni budaya yang masih bertahan hingga saat ini dan telah menjadi wisata budaya dan dikenal hingga tingkat nasional dan manca negara adalah festival lampu colok, yang mana pembukaan festival tersebut dilaksanakan di Desa Pangkalan Batang, pada 27 Bulan Ramadhan sebagai bentuk untuk memeriahkan menyambut datangnya 1 syawal.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis H.Anharizal.SE, M.Si mengatakan, bahwa kegiatan festival lampu colok ini bertujuan untuk mencari dan menggali seni budaya guna untuk menggerus pengaruh perkembangan dunia moderenisasi saat ini.

"Dengan festival ini kita berharap bisa menumbuhkan jiwa dan semangat gotong royong serta kekompakan sesama warga setempat dalam pembuatan lampu colok,'' ungkap Rizal

Kadis Budparpora juga menjelaskan untuk tahun ini peserta yang ikut lomba festival lebih meningkat dan dari hadiah yang diberikan juga lebih besar dari tahun kemaren.

"Lomba festival lampu colok tahun ini kita bagi setiap dapil tidak hanya terfokus di Kecamatan Bengkalis saja, jadi setiap dapil ada pemenangnya, agar peserta yang dikecamatan lain bisa lebih semangat mengikuti lomba festival ini," jelas Kadis

Anharizal juga berharap agar kedepannya festival lampu colok ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Bengkalis lebih-lebih lagi ia berharap bisa dijadikan ivent nasional.

"Saat ini Pemkab telah mengusulkan kepada Kementerian agar festival ini bisa di jadikan ivent nasional dan dari kementerian telah merespon baik dengan usulan tersebut," harap Kadis

Bupati Bengkalis Amril mukminin yang menyempatkan diri untuk melihat dan membuka langsung peresmian pembukaan festival lampu colok mendukung penuh dengan ivent tahunan ini, ia juga berjanji akan terus mendukung dan berupaya agar wisata budaya ini harus tetap dilestarikan.

"Ivent ini memang harus dilestarikan setiap tahunnya, karena banyak ini merupakan peluang untuk mengembangkan wisata di Kabupaten Bengkalis, dengan festival ini juga bisa menjadi kerinduan bagi warga Bengkalis yang diperantauan untuk semangat pulang ke kampung halamannyadari,  Pemkab akan terus memberikan perhatian aga fsival yang hanya ada di Kabupaten Bengkalis ini agar terus ditingkan  lagi," tutup Bupati Amril Mukminin. (del)
Komentar Anda

Berita Terkini