• Login
  • Headline
  • Indeks

DANLANTAMAL I PIMPIN UPACARA BENDERA DI MAKO LANTAMAL I

groupsetyanews author photo

Belawan,(groupsetyanews.com)
Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E.,M.Si Bertindak sebagai Irup dalam rangka Upacara Bendera  di Lapangan Apel Mako Lantamal I, Senin (19/02).

        Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlantamal I menyampaikan beberapa kebijakan dan informasi penting untuk dijadikan petunjuk dan referensi pelaksanaan tugas-tugas ke depan yang semakin penuh tantangan. Seperti kita ketahui bersama, dalam setiap pergantian Pimpinan tentunya diiringi dengan adanya kebijakan baru guna memajukan organisasi tersebut. Demikian halnya dengan institusi TNI dimana telah ditetapkan program 100 hari Panglima TNI yang dijabarkan kedalam program dan kegiatan sebagai dasar tiap-tiap Angkatan dalam melaksanakan tugas.

Dua hal penting terkait pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut dalam kebijakan Panglima TNI yang harus segera ditindaklanjuti adalah pembentukam Armada Ke-3 dan Pasmar-3 di  Sorong, Papua Barat. Hal itu tentunya harus kita sambut dengan gembira, karena apa yang TNI Angkatan Laut Rencanakan dalam Rencana Strategis TNI AL Tahun 2015-2019 akan segera terwujud.
    
        Kita sadari bahwa tantangan tugas TNI Angkatan Laut selalu kompleks dan dinamis. Karakter ancaman Maritim selalu bersifat transnasional dan cenderung terorganisir seperti pembajakan, penangkapan ikan ilegal, penyelundupan narkoba dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan peningkatan efektifitas operasi, kesiapan Alutsista dan Profesionalisme Prajurit Matra Laut. Untuk itu, pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional TNI Angkatan Laut mutlak harus dilakukan.

Disamping itu, TNI Angkatan Laut juga harus bersinergi dengan instansi lainnya agar pencapaian tugas menjadi lebih baik. Hasil dari sinergitas tersebut telah dibuktikan dengan keberhasilan unsur kita dalam menggagalkan penyelundupan narkoba seberat 1.037, 58 kilogram oleh Kapal MV. Sunrise Glory beberapa waktu yang lalu.

     Kunci pokok tercapainya kinerja Organisasi. Untuk itu, tingkat profesionalisme Prajurit harus menjadi fokus pembinaan personel secara berkesinambungan melalui lembaga Pendidikan dan Latihan baik internal TNI Angkatan Laut maupun lembaga lainnya di dalam dan diluar Negeri serta pembentukan Mobil Training Team seiring dengan modernisasi Alutsista dan perkembangan organiasi TNI Angkatan Laut.

Diakhir amanatnya Kasal memberikan penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas sebagai berikut:
Pertama: Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara serta jadikan Sapta Margs, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL sebagai landasan nilai-nilai keseharian baik di kedinasan maupun di masyarakat.
Kedua: Optimalkan kinerja organisasi atau satuan melalui peningkatan profesionalisme prajurit, efektifitas kegiatan dan efesiensi anggaran.
Ketiga: Terapkan manajemen resiko dalam setiap perencanaan dan tingkatkan purba jaga pada pelaksanaan tugas untuk mewujudkan Zero Accident.
Keempat: Jaga dan pelihara soliditas serta sinergitas TNI, POLRI dan Aparat Pemerintah lain serta masyarakat luas dalam menjaga keamanan negara.
Kelima: Hindari penggunaan atau terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba baik diri sendiri maupun keluarga dan laporkan kepada pihak yang berwenang jika menemukan tindak kejahatan ini.
Keenam: Jaga nama baik TNI dengan tidak melaksanakan tindak pidana pungutan liar di semua level satuan serta jaga netralitas TNI di semua aspek kehidupan.

    Hadir dalam upacara tersebut Wadan Lantamala I Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Para Asisten Danlantamal I , Para Kadis/Kasatker Lantamal I, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal I dan Satrol Lantamal I serta Yonmarhanlan I. (DPL- I  Firman)


Komentar Anda

Berita Terkini